keramik dinding dapur

10 Motif Keramik Dinding Dapur & Tips Agar Tak Salah Pilih

Posted on

Dinding dapur, mudah sekali kotor dan lembab. Kotor dan lembab yang disebabkan noda makanan, asap saat memasak, dan kegitan-kegiatan saat memasak. Padahal, dapur adalah inti dari rumah. Bersihnya rumah dapat dilihat dari bersihnya dapur. Begitu sebaliknya. Maka dari itu, perlu diakali supaya dapur terlihat bersih, salah satunya yaitu dengan memasang keramik dinding dapur. Selain terlihat bersih, keramik dinding dapur juga memperindah dapur Bunda.

Saat ini, keramik dinding dapur sangat banyak yang ditawarkan. Itu membuat Bunda bingung untuk milih? Apalagi Bunda nggak tahu hal apa yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan pilihan keramik dinding dapurmu. Berikut kami bagikan tips supaya Bunda nggak salah pilih. Berikut, chekidot:

Cermati Bahan dan Tekstur Keramik Dinding Dapur

Ini nih yang perlu Bunda tahu sebelum keramik dinding dapur terlanjur terbeli. Terkait tekstur, Bunda boleh memilih keramik dengan tekstur vynil, kasar ataupun keramik yang berasal dari batu alam. Terkait bahannya, pastikan bahan keramik terbuat dari bahan yang tahan panas dan tahan uap. Nggak mau kan, nyesel, sudah pasang keramik dinding dapur cantik-cantik, nggak lama kemudian retak-retak gara-gara kena panas dan uap. Padahal, namanya di dapur, pasti keramik dindingnya kena panas dan uap.

Selain itu, pilihlah jenis glazed ceramic tiles atau keramik dengan lapisan permukaan yang mengkilap. Ini menjadi alasan utama lainnya untuk memilih keramik. Jenis ini merupakan jenis yang awet dan mudah dibersihkan ketika ada noda yang menempel.

Lapisan yang mengkilap mempunyai kegunaan yaitu menutup pori-pori permukaan keramik. Sehingga noda tidak masuk dalam pori-pori keramik. Itulah yang menyebabkan keramik jenis itu mudah dibersihkan.

Kemudian, carilah keramik dengan kualitas glasurnya baik. Sebab kualitas glasur menentukan kilapnya akan bertahan lama atau tidak. Glasur dengan kualitas baik, akan mempertahankan kilap pada keramik. Sedangkan glasur dengan kualitas rendah, akan mempercepat hilangnya kilap pada keramik ketika sudah dipasang.

Gaya Senada dengan Interior Rumah Khususnya Dapur

Memilih keramik dinding dapur, sebaiknya juga memperhatikan nilai estetika. Jika rumah menggunakan tema minimalis, maka gaya untuk keramik dinding dapur pun demikian. Jika tema rumah klasik, maka pilih juga motif keramik dinsing dapur yang klasik. Hal ini supaya dapur beserta seisinya serasi dengan rumah dan tentunya enak dipandang nyaman di hati. Apa lagi untuk Bunda yang rajin memasak, berada di dapur adalah sesuatu yang membahagiakan.

Kini udah banyak motif keramik yang dijual di pasaran. Jadi tak perlu khawatir tidak ada yang sesuai dengan dapur Bunda. Di samping itu, tetap cermat memilih. Jangan asal yang penting cepat terpasang dinding dapurnya. Nggak mau kan, sudah sibuk seharian, di tambah lagi saat memesak, dapur Bunda justru dipandang aneh oleh Bunda sendiri.

Warna pun juga Senada

Selain gaya, warna pun juga diperhatikan. Padupadankan warna supaya tetap pas dan cantik dipandang. Bisa menggunakan warna yang mirip atau kontras sekalian. Namun, warna masih ada kaitannya dengan tema dapur.

Jangan mentang-mentang sekarang lagi suka warna merah jambu, kemudian membeli keramik dinding dapur berwarna merah jambu. Padahal warna dominan di dapur adalah hitam putih. Nanti kesannya akan membuat sakit mata. Kemudian ada tips rahasia untuk Bunda, jika dapur Bunda ingin tampak lebih luas, pilihlah warna terang.

Ukuran Keramik sesuai dengan Dapur

Sepaya tampil seimbang, ukuran keramik juga perlu diperhatikan. Ukuran keramik dinding dapur yang luas menambah kesan dapur menjadi luas. Perlu Bunda tahu bahwa nat atau celah antara keramik satu dengan keramik laiinya merupakan sarang noda. Jadi noda mudah berkumpul pada nat. Hal ini lantaran nat punya sifat yang tidak glossy (mengkilap).

Namun jangan memaksakan membeli keramik dinding dapur yang besar-besar meskipun unik dan manis. Sebab, bisa jadi tidak muat dipasang, karena sudah ada lemari dapur gantung yang terpasang. Intinya, disesuaikan dengan luas dapur Bunda. Bunda juga bisa memilih motif tegel jika ingin unik.

Sesuaikan Budget yang Bunda Punya

Poin ini juga jangan sampai terlupakan. Nggak mau juga kan, dibela-belain hutang untuk renovasi dapur karena kurang biaya? Sebelum membeli, pastikan budget yang Bunda punyai. Jadi, nanti di lokasi penjualan, Bunda tidak mudah tergiur keramik yang lebih bagus. Karena gayanya emak-emak kadang kepinginan saat membeli.

Setelah menetukan budget yang dipunyai, juga jangan langsung membeli. Namun bandingkan harga terlebih dahulu antara keramik A dengan B, C dst. Bisa juga bandingkan harga di toko si A dengan si B, si C dst. Mending repot di awal daripada nyesal kemudian.  Sehingga, kebutuhan keramik dinding dapur Bunda sesuai dengan budget yang Bunda miliki atau anggaran tidak membludak tiba-tiba.

Baca Juga : Desain Dapur Cantik

Berkreasi dengan Pilihan

Bunda bisa mempertimbangkan kesukaan anggota keluarga. Misalnya, dengan membeli keramik dengan gambar ikan, buah-buahan, kartun, peralatan makanan dan gambar-gambar yang unik menurut keluarga Bunda. Namun yang perlu diingat, tetap sesuaikan tema rumah khususnya dapur Bunda.

Motif Keramik Dinding Dapur Terbaru 2019

Sesudah mempertimbangkan banyak hal di atas, saatnya memilih motif yang akan diterapkan di dapur bunda. Terkait motif, ada banyak Bund. Coba lihat gambar-gambar berikut:

#1 Motif Gambar Kopi

keramik dinding dapur

Keramik dinding dapur warna kremyang dipadukan dengan gambar kopi di area atas dan dekat dengan meja dapur membuat dapur Bunda menjadi lebih terkesan milenial.

#2 Motif Gambar Buah.

keramik dinding dapur

Motif yang memadukan motif dengan warna krem. Kemudian ditambahi keramik-keramik gambar buah yang tersebar di dinding dapur.

#3 Motif bergaris seaka tidak teratur.

keramik dinding dapur

Motif ini menggambarkan kesan elegan dan menarik jika diaplikasikan di dinding dapur Bunda.

#4 Motif Batik

keramik dinding dapur

Dinding dapur ini tidak hanya menggunakan 1 motif saja. Meskipun pada dasarnya mirip yaitu motif batik. Ini cocok bagi Bunda yang menggunakan tema menjunjung budaya untuk rumah Bunda khususnya dapur bunda.

#5 Motif Heksagon

keramik dinding dapur

Terlihat simpel. Namun cukup elegan dengan motif yang kontras tapi warna tetap selaras. Bahkan nat pada dinding tidak terlihat, menambah estetika dinding dapur Bunda.

#6 Motif Cangkir Kopi

keramik dinding dapur

Motif dinding dapur ini menjadi penanda ruang minum the. Manis bukan?

#7 Motif Trik Terpusat

keramik dinding dapur

Ini adalah trik terpusat. Jadi motif berwarna kontras berada di area kompor. Sedangkan lainnya menggunakan keramik warna terang polos. Trik ini menjadikan dapur Bunda terlihat selalu bersih, karena area yang sering kotor (area kompor) tersamarkan motif keramik warna.

#8 Motif Monochrome

keramik dinding dapur

Warna hitam putih ini berselang-seling dengan porsi hitam lebih sedikit. Motif polos ini terlihat sederhana dan elegan. Apalagu didukung nuansa dapur dan peralatan dapur yang ada.

#9 Motif Dinding Keramik Catur

keramik dinding dapur

Dinding dapur dengan warna yang kontras dengan lemari dan tembok, memperjelas posisi dinding dapur. Namun tetap selaras dengan isi dapur. Misalkan kursi di dapur, lampu gantung dan juga peralatan memasak yang ada.

Baca Juga : Desain Dapur Terbuka

#10 Motif Dinding Keramik Tumbuhan

keramik dinding dapur

Nuansa sejuknya kebun, bisa Bunda rasakan dalam dapur ini. Paduan warna hijau, putih dan krem sangat selaras.

Itulah tips memilih keramik dinding dapur sebelum membeli dan contoh motif yang dapan=t menjadi referensi Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.